Sabtu, 23 Juni 2012

Keuntungan Dual Boot Windows Dan Linux Bagi Pengguna Windows


Di samping Windows sangat populer karena bersedia dibajak (menurut saya), sebab kalau tidak bersedia perusahan software sebesar Microsoft pasti bisa membuat agar software tidak bisa dibajak. Microsoft tampaknya membiarkan pembajakan karena memang merupakan iklan tersendiri  mana mungkin Windows bisa populer jika tidak bisa dibajak, tidak akan banyak orang yang mampu beli Windows yang harganya lebih mahal dari MacOS. Harga Windows Rp 700.000 s.d Rp 1.000.000 sedangkan MacOS Rp 400.000 tapi MacOS yang mahal komputer Apple-nya. Nah sekarang ada OS lain yaitu LINUX yang gratis dan juga sama mudahnya dengan Windows. Mengapa tidak mencoba dual boot dengan Linux? Ada beberapa keuntungan dual boot Windows dan Linux loh, bagi anda pengguna Windows berikut keuntungannya :
  1. Anda bisa belajar Linux, ini merupakan tambahan ilmu
  2. Jika Windows anda rusak masih ada Linux bisa kita gunakan misalkan menyelamatkan data. Saya pernah kejadian waktu masih pake windows mau mengajar menggunakan Laptop dan Proyektor. Tak tuhu kenapa Windowsnya kok tidak bisa booting (restart lagi berulang-ulang) gagal deh menggunakan laptop untuk ngajar akhirnya pake spidol lagi padahal sudah dipersiapkan materinya. Seandainya saja di Laptop kita ada linux kita bisa pindah ke Linux presentase tetap jalan.
  3. Windows kalau sudah terkena virus bisanya susah untuk menghilangkan, misalkan kita instal antivirus baru virus sudah tahu, sehingga virus bersembunyi dan berpindah lagi pada file yang sudah di scan akhirnya berkembang lagi solusinya harus instal ulang. Tapi dengan adanya Linux kita bisa scan Windows dari Linux habis tuh virus, karena virus windows tidak berjalan di Linux, dengan syarat Windowsnya belum dirusak virus dan antivirus di Linux harus terupdate.
Dalam dual boot Windows dan Linux, ketika menggunakan Linux menyimpan data nya jangan di partisi linux nanti tidak terbaca oleh Windows karena Windows tidak mau bersahabat dengan Linux.

Kalau Laptop kamu mau di dual boot Windows Linux boleh saya Install kan, GRATIS !

Silahkan berkomentar..

2 komentar: