Sabtu, 23 Juni 2012

Kelebihan & Kekurang Linux Dibanding Windows


KELEBIHAN LINUX DARI WINDOWS
  1. Linux lebih stabil dari pada Windows
  2. Linux Gratis, Windows mahal (kecuali bajakan)
  3. Linux lebih aman dan tahan virus, Windows banyak virus
  4. Linux memiliki banyak Desktop dari desktop ringan (LXDE) dan desktop berat (KDE), sehingga kita bebas memilih tergantung kepada hardware komputer kita. Sedangkan windows tidak, komputer lama tidak akan kuat untuk Windows 7.
  5. Linux memiliki banyak varian (Distro) kita bebas memilih, tapi ini juga sekaligus kekurangannya karena bikin orang bingung memilih.
  6. Linux bisa berjalan didalam CD/DVD (live CD/DVD) atau Flasdisk.
  7. Linux bisa membaca partisi Windows (FAT32 dan NTFS), Windwos tidak bisa membaca Linux, karena Windows tidak mau bersahabat dengan Linux.
KEKURANGAN LINUX
  1. Dalam soal menginstal aplikasi (aplikasi dari pihak lain) di Linux kadang masih memerlukan terminal (command line), sedangkan Windows full GUI.
  2. Developer pembuat Software (terutama software berbayar) masih sedikit yang berpikiran multiflatform, sebagian besar hanya beroperasi pada Windows saja.
  3. Developer pembuat Hardware masih sedikit yang menyediakan driver Linux, sehingga jika pake Linux kita harus pilih-pilih harware yang suport Linux. Sedangkan untuk Windows setiap hardware menyedia drivernya
  4. Software-software aplikasi pada Linux hampir semuanya open source / free (orang berpandangan software yang free masih banyak kekurangan dibanding yang berbayar (bajakan). Padahal banyak juga software yang free itu tidak kalah dengan yang berbayar.
  5. Linux memiliki banyak varian (Distro), sehingga pembuat driver hardware, pembuat software kesulitan membuat instalasi yang berbasis GUI yang dapat berjalan pada semua distro Linux. Tapi dengan mode Command Line semua bisa berjalan. Sebagai perbandingan driver untuk Windows saja, kadang driver Windows XP dan Windows 7 berbeda padahal sama-sama Windows, bagaimana dengan Linux jumlahnya ratusan Distro dan tiap Distro terus berubah versinya seperti Windows sehingga pembuat driver akan sulit membuat driver yang instalasi hanya dengan doble click untuk semua Distro Linux.
Dari segi OS sebenarnya Linux lebih baik dari Windows. Kekurangan Linux bukan dari segi OS tetapi karena kurang dukungan dari pembuat software, pembuat hardware, dan pemerintah (terutama di dunia pendidikan yang masih menekankan menggunakan software berbayar walau bajakan, makanya tingkat pembajakan di Indonesia tidak akan bisa berkurang). Dengan siswa diajarkan software berbayar maka komputer/laptop siswa (bagi yang punya) juga pasti diinstal  dengan software yang diajarkan, siswa tidak akan mampu membeli lisensi software berbayar yang harganya 50 - 100 kali lipat dari harga bajakan. Mestinya di dunia pendidikan jangan mengajarkan software berbayar (bajakan) tapi ajarkan software yang gratis (open source). 

Silahkan tinggalkan komentar....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar